soal desain multimedia
Soal Ulangan Mapel Desain Multimedia.
Jawablah soal-soal dibawah ini dengan tepat dan benar!
1. Kesan permukaan benda yang antara penglihatan dan rabaan dapat berbeda kesannya disebut….
2. Sebuah program yang memungkinkan para nasabah yang tidak dapat datang langsung ke kantor layanan bank dapat melakukan transaksi keuangan adalah arti dari ….
3. Karakteristik bentuk multimedia terdiri atas … dan ….
4. Sekumpulan titik yang berdampingan secara memanjang dan memiliki dua buah ujung disebut ….
5. Elemen desain yang terlihat dan terasa seolah-olah ada rasa permukaan, yang dibuat sedemikian rupa sehingga membentuk rupa fisik, seperti kusam, kasar, mengkilap, kontras, kayu, dan bulu disebut ….
6. Warna kombinasi antara gelap dan terang disebut ….
7. Daftar gambar dari setiap adegan yang divisualisasikan dalam bentuk sketsa atau gambar disebut ….
8. Pengujian akhir dari penyempurnaan software atau produk multimedia yang melewati proses produksi disebut….
9. Pada awalnya sejarah istilah multimedia berasal dari dunia….
10.Secara etimologis kata multimedia berasal dari kata multi dan media, kata media mempunyai arti….
11.Multimedia terbagi menjadi dua kategori, yaitu … dan ….
12.Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor adalah Multimedia mampu mengubah tempat ….
Untuk soal no 13, 14, dan 15
13.Jawaban yang benar untuk mewakili no 7 pada gambar diatas adalah….
14.Jawaban yang benar untuk mewakili no 8 pada gambar diatas adalah….
15.Jawaban yang benar untuk mewakili no 9 pada gambar diatas adalah….
16.Sebutkan 6 jenis macam garis dalam desain grafis. Jelaskan!
17.Unsur seni sangat penting dalam pembentukan komposisi estetis secara tepat. Sebutkan unsur-unsur seni!
18.Apa fungsi ruang kosong dalam unsur seni?
19.Buatlah diagram proses Pre-Production Multimedia!
20.Proses produksi produk multimedia terdiri dari 3 sub proses. Sebutkan!
Pilhan ganda!!!
1. Yang merupakan alir proses produksi produk multimedia adalah..
a. pre-production, production, post-production
b. production, pre-production, post-production
c. production, pre-production, post-production
d. post-production, pre-production, production
e. pre-production, post-production, production
4. Yang merupakan pengertian dari production adalah………
a. tahap awal pengumpulan semua data dan elemen yang berkaitan dengan produksi
b. tahap penyelesain akhir (finishing) dari sebuah rangkaian yang meliputi pengeditan gambar, penataan title, grafik, animasi, dan special effect, music, sound effect, audio dubbing.
c. Tahap eksekusi lapang berupa syuting, yang mengacu pada persiapan yang dihasilkan dari proses pre-production
d. Proses pemberian label pada kepingan CD/DVD, dan pembuatan cover CD/DVD tersebut
e. Penjelasan secara singkat tentang ide cerita, yang akan memberikan batasan dalam pembuatan script, sehingga tidak keluar dari tema.
5. Offline editing merupakan bagian dari proses….
a. Pre-production
b. editing
c. Production
d. logging
e. Post-production
5. Di bawah ini merupakan bagiann dari humanware dalam aspek penunjang multimedia, kecuali..
a. Juru kamera
b. kamera video
c. Sutradara
d. animator
e. Penulis scenario
6. Langkah terakhir yang dilakukan dalam proses purna produksi adalah..
a. Mengeluarkan produk pertama
b. pengujian akhir
c. Penilaian
d. menyimpan semua bahan produksi
e. Meninjau kembali perangkat lunak dan konten
7. Tahap akhir penyempurnaan software atau produk multimedia yang telah dibuat dalam proses produksi, merupakan pengertian dari…
a. Tes awal
b. membangun versi alfa
c. Evaluasi
d. merevisi desain
e. Membangun versi beta]
8. Berikut adalah langkah-langkah dalam penentuan konsep atau ide pada proses pra produksi, kecuali
a. Menentukan judul
b. Menentukan target audience
c. Menentukan rencana kerja
d. menentukan gambar yang akan ditampilkan]
e. menentukan gaya yang ingin ditampilkan
9. Yang bukan merupakan aspek penunjang dalam membuat produk multimedia adalah.
a. Perangkat lunak
b. beta testing]
c. Hardware
d. humanware
e. Perangkat keras
10. Yang merupakan pengertian dari storyboard, adalah…
a. Penjabarab tentang kebutuhan yang diperlukan dalam produksi
b. Daftar gambar dari setiap adegan yang divisualisasikan dalam bentuk sketsa atau gambar]
c. Pembentukan anggota tim yang sesuai dengan kebutuhan
d. Hal-hal yang berhubungna dengan data dan informasi keseluruhan produksi dari awal hingga akhir produksi
e. Daftar table yang ditandai dengan warna pada setiap kegiatan yang dilakukan.
11. Menentukan bentuk isi cerita yang ingin ditampilkan, informasi property yang akan digunakan, gambar yang akan ditampilkan baik berupa video, animasi maupun image, kebutuhan sound merupakan proses-proses yang dilakukan pada tahap…
a. Penentuan konsep/ide
b. budgeting
c. Perencanaan produksi
d. scheduling
e. Desain]
12. Yang termasuk dalam aspek penunjang humanware dalam pembuatan produk multimedia adalah…
a. Software
b. editor]
c. Hardware
d. linier
e. processor
13. tidak membuat audience salah persepsi terhadap pesan yang disampaikan adalah maksud dari..
a. Eye contact
b. misunderstanding]
c. Feedback
d. release golden master
e. Audience effect
14. Beta testing adalah..
a. Pengujian akhir dari penyempurnaan software atau produk multimedia yang melewati proses produksi.]
b. Evaluasi kembali produk multimedia yang telah melewati proses produksi
c. Meninjau kembali konsep yang digunakan
d. Menyimpan semua bahan produksi
e. Merevisi desain
15. Yang tidak termasuk dalam proses purna produksi adalah..
a. Pengujian akhir
b. first testing]
c. Beta testing
d. evaluation
e. Penilaian
16. Tujuan dibuatkanya hak cipta adalah..
a. Menghemat biaya
b. Mencegah perpecahan antar kelompok
c. Melindungi produk
d. Produk yang dibuat mempunyai kekuatan hukum dan tidak ditiru.]
e. Memudahkan untuk mendapatkan uang.
17. Release golden master adalah..
a. Mengeluarkan produk multimedia untuk pertama kali..]
b. Merevisi desain
c. Menyimpan semua bahan produksi.
d. Penyempurnaan software
e. Mmebangun versi beta
18. Yang tidak termasuk dalam tahapan perencanaan produksi adalah…
a. Storyboard
b. dokumentasi]
c. Budgeting
d. menentukan peralatan yang dibutuhkan
e. Scheduling
19. Adobe photosop adalah salah satu software pendukung multimedia yang digunakan untuk mengolah…
a. Video
b. image]
c. Animasi
d. vektor
e. Teks
20.Software pendukung multimedia yang digunakan untuk mengolah/membuat animasi adalah..
a. coreldraw
b. Microsoft word
c. pothosop
d. paint
e. macromedia flash]
21.Pemanfaatan multimedia sebagai media pengajaran dengan memproduksi modul-modul presentasi CD interaktif merupakan salah satu pemanfaatan multimedia dalam bidang..
a. pendidikan dan penelitian ilmiah]
b. bidang teknik
c. bidang kesehatan
d. bidang promosi
e. industry kreatif
22.Yang tidak termasuk dalam multimedia communication adalah..
a. Televisi
b. Radio
c. Animasi]
d. film
e. cetak
23.Yang termasuk dalam multimedia content production, kecuali….
a. teks
b. audio
c. Animasi
d. grafis
e. cetak]
24.Home banking adalah..
a.sebuah layanan pemirsa dan pembuat acara dapat berbicara dan bertatap muka secara langsung dalam siaran acara televise tersebut
b.sebuah pemirsa dapat melakukan pemesana dan pembelian secara langsung dalam program acara tersebut.
c.sebuah program yang memungkinkan para nasabah yang tidak dapat datang langsung ke kantor layanan bank dapat melakukan transaksi keuangan.]
d.program komunikasi yang digunakan untuk layanan internet.
e.a, b, c, dan e salah
25.Karakteristik bentuk multimedia terdiri atas..
a. linier dan melengkung
b. linier dan lurus
c. linier dan non linier]
d. linier dan frame
e. non linier dan audience
Selamat Belajar!!!
BACA SOAL LAINNYA
soal desain multimedia
Reviewed by Karso Aji Suprio
on
3:49 AM
Rating: